My Whole Starlight Experience

July 31, 2017

While I’m writing this I have a severe post-concert syndrome and it’s really bad. I don’t think y’all understand. Lmao.

Oke basa basi dulu deh bentar sekalian curhat ya.


Beberapa bulan sebelum fanmeet gue resah dan gelisah, padahal tiket udah aman sejak presale. Belom pesen tiket kereta PP Bandung-Jakarta tapi udah mikir ntar mau pake baju apa, sepatu apa, auk ah elap. Dan beberapa bulan sebelum fanmeet pula gue kayaknya beneran verified kena demam Nayana. Gimana ya, Produce 101 Season 2 ini tuh kayak......WOY HISTERIA NYA GA BERENTI BERENTI. Okay, I was there since Day 1 sampai Wanna One established dan sampai final concert nya. Dan layaknya gue, timeline gue juga penuh berserakan dengan Produce 101. 

"VIXX need to come faster!" I said as I woke up on the first day of July. They are truly a sight for my sore eyes. Nah, no. Not exactly a sore eyes tapi yang gue lihat sehari hari bukan mereka dimana-mana. Tiap buka twitter berasa salah akun, berasa pindah agama. Timeline yang biasanya berbeda beda fandom tapi tetap satu dan harmonis jadi tiba-tiba serupa namun acakadut dan beringas, lol, I rarely see VIXX's updates on my own timeline due Produce 101 thing sampai gue harus cari sendiri. Even after the final concert is done, tidak menjamin histeria Nayana juga berakhir sampai disitu. Plus, ini Wanna One juga belom debut, belom lagi orang yang ngestan eliminated trainee dan masih spazzing mereka setiap hari. Ya Allah, please exclude me dari orang-orang seperti ini, hahaha. But hey, I still love Produce 101 S2 nonetheless, it was fun! *winks*

Oke, curhat selesai.


D-DAY
Gue bangun terus abis subuh langsung siap siap ke stasiun tanpa mandi. Kereta jam 06.40 dan gue udah di stasiun tepat pukul 06.00, kenapa gue pilih naik kereta? Because we cannot predict the traffic dan gue benci banget sesuatu yang ngaret, nggak sesuai ekspektasi. Three hours later I arrived in Gambir alone terus ngojek ke Casa Grande Residence. FYI, ini apartment yang paling deket sama Kota Kasablanka where VIXX held their fanmeeting that day dan punya direct access ke mall nya jadi gampang bolak balik dan nggak jauh, enak buat gue yang manja banget gamau panas panasan. Temen gue si Al booking unit disini juga saat D-7. And then we saw Ken posted this on his Instagram.


A post shared by 이재환 (@keken_0406) on

Gue langsung feeling banget ini mereka berenang di The Park Lane, hotel bintang lima dan yang terdekat dari Kokas which is SEBELAHAN SAMA APARTMENT YANG UDAH KITA BOOKING!! And you know what? Beberapa minggu sebelumnya gue sama Al udah booking kamar di The Park Lane sebelum akhirnya milih ke Casa Grande karena lebih murah beberapa ratus ribu saja. TAU GAK NYESEL NYA KAYAK APA??!! =)

Yaudala satu hotel juga bukan berarti bisa sekamar kan? =)

Gue udah sampai apartment dan udah mandi karena dari rumah memang sengaja nggak mandi. Gue sampai kira-kira jam 11an, gue udah siap jam 12 mau ke venue dulu buat nuker tiket jadi wristband tapi ya Tuhan, Al dari Bekasi ternyata baru cabut jam 10 dan jam 12 dia masih di Cipinang, padahal rencananya mau liat lokasi dan tuker tiket bareng. Karena gue nggak mau sendirian celingukan di Kokas akhirnya gue ngehubungin temen gue yang lain, yang dateng hari itu juga, Kak Emma. She's one of the fellow Starlight yang udah gue kenal lama banget. Kenal karena gue sempet nuker insert Voodoo Doll Album yang ber CD N which is her bias with Ravi. Gue banyak cerita juga sama dia gimana pas VIXX ke Indonesia 2013 silam dan dia sedikit telat suka jadi belum berkesempatan untuk ketemu mereka. Kita baru ketemu sekali pas itu doang and never meet again ever since. Baru ngontak lagi pas presale ticket. YA AMPUN, 4 YEARS HAS PASSED JUST LIKE THAT AND WE STILL THEIR FAN. Kita sebenernya mungkin sempet ngira kalau masing-masing sudah tobat dari beginian lmao, the fact it is another way around.

Gue jadinya janjian di venue jam setengah 1 sama Kak Emma, nuker tiket dan ngobrol-ngobrol sebentar and after 30 mins I ran back to the apartment cz apparently temen gue satu itu udah sampe. Gue biarin dia istirahat dan bongkar barang dulu baru jam 2 balik lagi ke Kokas buat makan siang dan kembali ke venue buat antre.

BTW pas nuker jadi wristband ternyata baru keliatan queue number nya, dan q no yang gue dapetin itu nomor 16 dan Al 17. Not bad.

Jam setengah 4 kita memutuskan untuk langsung ke hall untuk liat situasi dan cari freebies. Karena mungkin kita udah kesorean, kayaknya emang udah pada abis, jadi gue nggak sempet ambil banyak. Ada sih, cuman nggak sebanyak orang lain aja gitu.

Habis perburuan freebies yang nggak banyak itu, duduklah kita di antrian yang nggak jelas antrian apa tapi kita duduk aja. Baru segitu aja udah capek deh entah kenapa, faktor umur kali ya wakakaka. Karena sudah berumur, gue kayaknya udah nggak kuat lagi combat sama fans yang pada lebih muda dari gue, jadi gue putuskan gak mau terlalu over disini, takut cidera wkwkwk. Tapi nyatanya fans disini nggak terlalu banyak bocahnya deh. Sudah gue duga.


THE SHOW
Pas check tiket untuk scan barcode sebelum duduk mas mas nya ngomong "Ini fake ya?" sebelum muter tangan gue untuk cari barcode. "Eh sori, gimana mas? Fake?" *mesin bunyi* "Eh iya, maaf, silakan"

WE'RE ON THE INSIDE!! Duduk nggak seberapa jauh dari panggung and we decide to sit on the center and far from the security karena Al bawa kamera cakep yang berhasil diselundupkan dan gue ingin dapet view and focus of the entire stage biar kenyang liat semuanya.



Show yang harusnya sudah mulai jam 18.00 dan gue yang udah panas dingin degdegan, makin mules ketika ada pengunguman kalau show akan mundur hingga jam 18.15 untuk menghormati adzan maghrib dan mempersilakan Starlight yang akan nonton untuk sholat dulu.

18.15 and the lights were dimmed and the intro of On & On is starting to make you shiver, we saw the shadow of our boys on the stage, the show is officially begun, we're going on the ride in 3...2...1... 


We back again now This is V.I.X.X. Attention. Cause I have been around. Now V-I-Double X

GILA WOY, WE ALREADY LOST OUR SHIT AND THIS IS JUST ONE OPENING SONG. Sebelum greeting mereka nyanyi beberapa lagu sebagai opening seperti biasanya, gue akan cerita setiap babak setelah performance ya. 

Opening:
1. On & On
2. Hyde
3. Eternity

The boys were in back from head to toe.


N: Apa kabar?

KYAAAAAAAAAAAAAAA~

Awalnya mereka greeting dulu and then they thanked the fans who sent their request biar mereka bisa ke Jakarta lagi dan bisa ngadain fanmeeting secara proper via My Music Taste. Terus tanpa ba bi bu langsung nyanyi lagi. YAMPON ngegas banget kalian.

4. Dynamite
5. B.O.D.Y (Gue nggak nyangka lagu ini akan masuk setlist)

Leo: Jaljine? 
NEEEEEEEE!!!

Ken: Hello uri Starlight Babies~~
HAHAHAHAHAHANJENG STARLIGHT BABIES. Ken kaco woy, duhhhhh dia sepanjang acara ini tuh scene stealer parah.

Ravi: Let's talk more on this Q&A session.
NEEEEEEEEE!!!

N: Kita sambil duduk ya.

Lalu duduklah mereka dan staff nya bawain board yang penuh dengan post it buat sesi Q&A yang udah diisi sama fans sebelum masuk. Semua orang yang dateng tinggal ngambil post it terus nulis what they've been wondering about VIXX and if you lucky enough you'll get chosen.

Hyuk is the first one to choose the Q. Dia ambil post it yang minta dia nyanyiin Photograph nya Ed Sheeran. Terus dia nyanyi dengan manisnya, and we were swooned by it. Dan di fancam gue, fans didalem juga pada ikut nyanyi bareng. It was beautiful, his voice is endearing. Pas udah selesai dia langsung: THANK YOU!!

Kedua Hongbin. Disini mereka mulai keliatan rada gesrek gitu.

Translator: Kakak Hongbin (Hongbin Oppa) silakan pilih!

Ken: KAKAK?? KAKAK HONGBIN
ALL MEMBER: KAKAK HONGBIN LMFAOOOOOO

VIXX's hot body rank by Hongbin:

1. Yang sering olahraga, Ravi
2. Gue sendiri ajadeh, Hongbin

Pas mau ke 3 fans pada ngomong JAEHWAN!!!!! LEE JAEHWAN!!!!!!! Yes, sure he have a hot body and deserve to be on the big three tapi tau kan Hongbin orangnya gimana?? Pas Ken mukanya kesorot kamera, expecting him to be on the third place, Hongbin  tiba tiba: Hyogi!

SEBEL. Ken nya tiba tiba masang buka bete sambil aegyo, Ya Allah rasanya mau gremet gremet muka dia.

3. Hyuk

Hongbin: Okede, gue kasian sama Ken hyung. Yaudah ke empat aja ye?

4. Ken

5. N

Hongbin: N is on the 5th karena dia sebelom olahraga suka capek duluan
N: EH sori ye, gue olahraga dan badan gue juga bagus kalian aja gapernah liat

Salah siapa sih dia ngomong kayak gitu? Sumpah sukurin abis itu diteriakin BOYEOJO!! BOYEOJO!!! (Buka! Buka!) LOL.

6. Leo

Leo: Kok gue?
Hongbin: Karena sekarang lagi susah diet. Udah besok aja deh diet nya, terus aja gitu sampai bulan depan. Jadi gimana, besok diet?
Leo: Iya, besok gue diet deh
Hongbin: Ah paling besok lo makan lagi

As expected from the Lee 'Savage' Hongbin. Terus habis itu Leo yang milih pertanyaan.

Ken: KAKAK LEO!!!
HAHAHAHAHAHAHAHAHA

Dia kayaknya seneng deh diketawain kayak gitu sampe diulang-ulang terus ngomongnya.

Leo choose a request from a fan who was having a birthday that day to say her a "Happy Birthday"

Leo: Ini dari xx. Mana orangnya?

Orangnya ini tunjuk tangan terus beneran diucapin Happy Birthday, xx.

Ken milih pertanyaan dan dia milih pertanyaan dimana dia diminta buat nyanyiin satu lagu dari Hamlet.

Nah, ini yang kocak. Pas N maju.

You-know-who: KAKAK N!!!!

N: What is N to Ravi?
Ravi: HAH mana ada pertanyaan kayak gitu, bikin sendiri ya?
N: NIH ADA!! *shows the post it*

Nggak kayak biasanya sih dia bilang N nyebelin apa gimana gitu. He said that N is a very precious hyung to him and someone that he's thankful to. CIE CIE CIE.

Terakhir Ravi yang milih pertanyaan. Dia ngebacain yang request Leo buat sexy dance TERUS LEO GAMAU MALAH MELUK DAN NENDANG BOKONGNYA RAVI. Tapi tiba tiba ada intro lagu the phenomenal Sexy Back nya Justin Timberlake, terus bukannya joget yang menggoda gitu malah gerak gerak gajelas sambil madep kebelakang, you know how embarrassed Leo is, right? Hahahaha.

Terus Ravi milih pertanyaan lagi, LOL. Kayaknya dia mau bales dendam sama N. "N Oppa, I want to see N-mi again!" and N said IREON JILMUN NO NO NO. In the end Ravi choose a request for N to sing OPPAYA. Tapi dia lupa liriknya.
N: Yaudah deh ganti, mau lagu apa? Request dong yorobun!
N: Doeh, satu-satu donk ngomongnya. Kamu coba maju sini!

Beneran dong dia nyuruh satu fans yang paling depan untuk maju terus dia jongkok di depan fans sambil nyodorin mic ke bawah and she wants N to sing As The Nights Get Deeper but he forget the lyrics too OTL. Terus dia janji kalau kesini lagi bakal nyanyiin itu.

Q&A session is over, the boys still sit on the chairs and the light turns purple. Time for fan's song medley.

6. Someday
7. Us Now

Guess who had a big expectation that they would sing Love Letter? Me. Sayang banget nggak dibawain :(




Habis itu mereka turun panggung untuk ganti kostum. Sambil nunggu diputer VCR that represent all their hit songs from Voodoo Doll to Shangri-La. 

JENG JENG the boys are back with blue outfit and brought some fan (A LITERAL FAN) lalu terdengar intro musik oriental yang sangat familiar.

8. Shangri-La
9. BLACK OUT. THEIR BEST PERFORMANCE ON THIS SHOW AKA THEIR BEST SONG EVER!


SANDY_MADE_HERSELF_THIS_CRAPPY.GIF

MADE BY VIXX session is here. The staffs bawa meja ke atas panggung bersama kipas yang polos beserta berbagai macam alat tulis dan menggambar. Silakan cari sendiri kipas bikinan mereka masing-masing kalau penasaran. I want to share a funny episode here: N-jumma is back.

Jadi kipas yang mereka gambar itu bakal dikasih ke fan yang beruntung dengan cara mereka yang undi sendiri. Pas bagian Hakyeon abis dia ambil kertas undian, dia baca, terus dia nengok ke section VIP 1. Ya jadinya VIP 1 pada tegang tuch, tapi terus dia bilang..."VIP 2" WHEN HIS EYES IS LOOKING TO THE VIP 1. HAHAHAHAHAHAH kocak dah disitu dia sama VIP 1 di WOO WOO-in sambil telunjuknya kebawah. TERUS DIA MARAH wakakakaka. He's lecturing and telling us that Starlight should give a thumbs up to VIXX not thumbs down LMFAO. Lagian salah dia juga jahil. And the unending "Selamat" are keep coming from their mouth for the lucky FANS that able to take the FANS home.

10. Fantasy
11. Desperate

From here Hyuk lead the ending ment. WHoops, already?
Hyuk: Nggak kerasa ya guys udah mau selesai aja. We also didn't want to...
Starlights: NOOOOOOO
Hyuk: Your family is waiting for you, right?
Starlights: OBSEOOOOO

Ravi: Sampai jumpa!! Selamat kasih!!! (LOL)

Hongbin: Makasih ya yang udah pada nunggu, sampai jumpa!

Leo: Kita bisa kesini karena kalian yang request, I'm really happy.

N: I hope I can meet again with all the one who came here tonight. Cinta kamu!

Ken: Yes, we will meet again for sure! (TEPATIN YA JANJINYA!!!)

Duh, pas bagian ini nih gue jadi sedikit emo because Hyogi's ending ment. Ambles banget hati ini.

"Maaf ya kita kesini telat banget. Maaf bikin kalian nunggu sampai empat tahun. Terima kasih udah dateng, terima kasih udah setia nunggu"

12. Love Me Do
13. Chained Up
14. Voodoo Doll

Terus mereka dadah dadah dan turun panggung. Its not over, right?

Nggak lama mereka balik ke panggung pake kaos. 

15. Heaven

RAVI SHOUTED TO US TO GET UP FROM OUR SEAT AND THE CONFETTI PARTY BEGIN!!!!!!!!!!

AH, ini sih seru banget. Akhirnya encore stage! Ngeliat mereka polah di stage yang biasa gue liat dari layar laptop finally bisa gue saksikan sendiri dengan mata dan kepala gue sendiri. Mereka lari kesana kemari, joget-joget gak jelas, N nyapa fans yang di belakang, Ravi mainin confetti. Paling kocak mereka ikut teriak teriak pas liat member lain di zoom di layar. Gila sendiri, heran.

16. Love Equation

Another happy song to jam on! Seru banget. Sampai akhirnya ini bener-bener last stage mereka, 90 degree bow to the fans dan akhirnya foto bareng. Dadah dadah lagi. We keep hearing CINTA KAMU! CINTA KAMU! from them. Ken and Hongbin make a heart before they leave the stage.

KEN ITU BENER BENER SCENE STEALER, ATTENTION SEEKER. BIKIN BAPER ANAK PERAWAN SEPANJANG ACARA.

And it's the end :) 



Overall Thoughts
Gue sempet mikir ini fanmeeting antara niat dan nggak niat. Satu, sama sekali nggak ada foto official event nya. Mereka bener-bener re-use foto 2017's Seasons Greeting. Dua, VCR juga pake VCR untuk Live Fantasia Daydream dan tiga, kaos encore nya tuh juga pernah mereka pake tapi gue lupa deh dimana. Mungkin nggak ada waktu kali ya...

Mereka sepanjang tur ini nggak pake MC. Bener-bener cuman ber-enam di panggung and that's all, they are playing and talking by themselves, terserah mau bacot apa asal sesuai sama rundown. Translator juga nggak ada di panggung loh! Mungkin biar terlihat lebih spesial dan personal, and that's a really good point.

THE BOYS HAD FUN AND THATS ALL MATTERS. Mereka enjoy banget disini and it radiates from them. Temen gue yang nonton di KL sebelum di Jakarta juga ngeliat perbedaan yang mencolok, mereka lebih keliatan hepi dan enjoy disini ketimbang kemaren. "San, Ravi kemaren nggak kayak gini loh, he was rather quiet, sekarang napa hyper...apalagi Ken!"

Starlight Indonesia ternyata bener-bener tertib dan rapih! Di bandara pas nyambut mereka nggak ada tuh yang pegang-pegang, ngedeket aja takut rasanya, cuman dadah dadah dari jauh cukup. Pas mereka nyampe venue ada juga fans nyambut, itu juga sama, rapih dan tertib. Send off mereka dari venue ke hotel dan di airport sebelum mereka boarding ke Bangkok juga sama. Salut! Gue nggak nyangka loh sebenernya fans disini bisa setertib itu. I'M AMAZED. Coba semua fans grup lain bisa seperti ini, pasti nyaman dan asyik. Bikin bangga fandom dan grup nya juga kan? Starlights know what personal space is and knows how to respect that, so they can have VIXX as close as they can without causing problems. Gue kira ini hanya bisa dilakukan Starlights Korea, ternyata Starlights Indonesia sudah membuktikan kalau kita juga bisa seperti mereka. RESPECT!

Antrian di venue itu udah paling hopeless deh, parah. Rada ribut gitu pas masuk but its all the staffs fault. Kenapa nggak dari awal dibedain aja tempat antri per-section, bukan dijadiin satu barisan semuanya. Mana pas mau masuk ngomongnya gak pake pengeras suara, mana kedengeran sama yang belakang. Al: Pak mau saya beliin toa dulu ga di bawah? Ada Ace Hardware.

Fanservice mereka kayaknya nggak usah ditanya lagi deh, bener-bener all out. On Hi-5 session they wont let go the fan's hands sebelum kita pindah ke member selanjutnya.

OVERALL IS 10/10. Gue siap dengan segala konsensuensi post-concert-syndrome selama beberapa minggu kedepan. After the end of the show gue kembali ke meja penukaran tiket untuk ambil signed poster yang gue menangin dari undian tiket. HWALA dan posternya bener bener gue simpen apik biar sampai Bandung nggak kelipet dan rusak.

Di dalem kereta gue beneran duduk sendiri dan nggak ada yang bisa diajak ngomong. Hati gue tiba tiba jadi dangdut kalau inget yang kemaren malem, kayak pingin tear up gitu loh sampe gue chat ke Al kalo gue entah kenapa kayak gini HAHAHAHA.

Verdict:  Gue pribadi, us, Stralights are used to it by now, both their Korean and International fans. We're pretty much agreed VIXX is more fanbase oriented then public oriented. They make so much money despite having a low single sales karena sejak debut mereka udah fokus untuk build their own loyal fanbase instead of mencoba untuk mengeluarkan lagu yang public friendly to hit big with popularity. Ya mungkin mereka nggak mendapatkan banyak perhatian as they deserve but their fans still make sure they get their trophies, chart position and album sales. With how close and relaxed they are, terbukti dari fanmeeting tour kali ini (having tons of high touch events), I'd personally say that they prefer it this way.


You Might Also Like

0 comment